Jumat, 19 November 2010

Cara Menjalankan Bisnis Cuci Mobil


Yg paling penting sebelum menjalankan salon mobil adalah masalah tempat usaha. Jika Anda mendapatkan lokasi usaha yg strategis (sering dilewati banyak kendaraan) maka kemungkinan besar akan berhasil. Sekalian dilihat juga di lokasi tersebut sudah ada kompetitor apa belum, kalau belum wah pangsa pasarnya akan lebih besar tapi kalau sudah ada berarti pelayanan kita harus lebih baik dari mereka. peralatan cuci mobil maupun motor.

Biasanya kalau hanya buka cuci mobil maupun motor saja kurang menguntungkan karena Anda bisa hitung saja paling banyak satu hari mobil maupun motor yg masuk 25 buah, kalau cuci mobil maupun motor 25rb/buah artinya pendapatan Anda 625rb/hari, kayaknya besar ya pak tapi Anda harus hitung juga biaya tenaga kerja, sampho, pemeliharaan peralatan cuci mobil maupun motor, listrik (kalau bisa ruang tunggunya pake ac jadi pelanggan lebih nyaman). Sebaiknya selain cuci mobil maupun motor Anda juga bisa mengerjakan salon mobil maupun motor dan ganti oli malah kalau bisa sekalian bengkel.

Mengenai peralatan cuci mobil maupun motor biasanya adalah hidrolik minimal dua buah (sekarang harganya peralatan cuci mobil maupun motor sekitar 20 sampai 30an jt, tapi ada kok yg jual second harganya sekitar 15an jt), alat semprot harganya dari 500rban sampai 4 jt, Anda juga harus membuat bak penampungan air, jadi dari sumur atau air ledeng ditampung dulu di bak besar baru nanti ditarik untuk disemprot ke mobil maupun motor. Terus untuk sampho biasanya kalau Anda baru mulai pembangunan aja sales2 pada datang nawarin sampho sampai oli. Atau Anda bisa beli di toko-toko kimia biasanya mereka juga jual sampho, obat penghilang kerak di kaca, mesin dan lain-lain. Kemudian vacum cleaner sekarang ukuran maupun merknya macam2 tergantung kebutuhan Anda. Untuk buka salon mobil maupun motor tambahnya juga sedikit aja kok, alat poles body dan kaca.

Untuk tenaga kerja kalau Anda punya peralatan cuci mobil maupun motor berupa 2 hidrolik minimal Anda harus punya sekitar 7 karyawan untuk cuci, biasanya karyawan itu juga bisa dipakai untuk salon mobil maupun motor. Mengenai gaji tergantung nego Anda dengan karyawan tersebut dan standar gaji di daerah Anda. Kalau bisa sih Cuci mobil maupun motor Anda buka 7 hari seminggu jadi gak ada libur, karena kalau saya lihat di Jakarta agak susah mencari tempat cuci mobil maupun motor kalau hari libur. Itukhan suatu opportunity disaat semuanya tutup kita buka. Pengalaman saya sewaktu menjadi operational manager di bengkel dulu, pada saat libur pegawai di beri pilihan kalau mau libur silahkan tapi kalau mereka mau masuk maka akan diberikan bonus.

Yg penting quality control kita sebagai owner harus bagus, kalau saya dulu pasti meriksa mobil maupun motor terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada pelanggan, jadi betul2 hasilnya maksimal. Dan kalau bisa buat questioner untuk perbaikan layanan kita.

Mungkin hanya itu yg bisa saya sharing untuk Anda.

Sumber: iman-ss.blogspot.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar