Kamis, 18 November 2010

Sekilas Tentang Rakom

Untuk pemula di bidang RAKOM yang tidak mau pusing dengan hal-hal yang berbau teknis dan cuma memakai radio panggil untuk keperluan touring/ konvoi saja, maka boleh membeli HT saja. Cuma HT ada kekurangannya, yang terutama adalah daya pancar yang maksimum cuma 5 watt. Dengan demikian, jarak yang bisa dicover adalah 2 - 5 km (bergantung pada banyaknya halangan berupa pohon/ gedung). Semakin banyak halangan, maka jarak yang bisa dicover oleh HT semakin pendek.

Kalo jalan ke Harco Glodok, maka ada pilihan sebagai berikut:

1. HT single band VHF

2. HT single band UHF

3. HT dual band (bisa VHF dan UHF)

Sebagian besar pemakai RAKOM (yang amatir baik ORARI maupun RAPI) bermain di VHF karena perangkat yang banyak tersedia dengan berbagai variasi. Jadi kalau RR hendak memakai HT untuk touring/ konvoi atau juga untuk hobby seperti air soft gun, maka sebaiknya membeli HT single band VHF saja. Di Harco Glodok banyak yang menjual HT jenis ini. Kalau mau yang murah meriah, boleh cari yang buatan Cina. Cukup dengan dana sekitar 500ribu sudah bisa mengantongi HT baru.

UHF (Ultra High Frequency) lebih banyak dipakai oleh aparat pemerintah baik Jasa Marga, Kepolisian, Dishub, dll. Ada juga amatir yang bermain di UHF tetapi jumlahnya tidak begitu banyak. Jangan lupa daftar menjadi anggota ORARI atau RAPI. Ini adalah persyaratan untuk menggunakan RAKOM secara sah (punya izin). Kalo sudah menjadi anggota ORARI maupun RAPI, maka RR akan mendapat callsign. Nah, callsign ini yang menjadi identitas kita di udara.

Sumber – otomotifnet.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar