 Motor Balap
 – Meskipun tahun ini  Suzuki absen dalam ajang balap motogp, namun 
keberadaan pabrikan yang satu ini bukan berarti tidak memiliki motor 
balap Suzuki legenda. Motor balap Suzuki RK67 salah satunya, motor balap
 yang dibangun pada tahun 1967 ini memang didesain untuk ajang balapan. 
Di eranya motor balap Suzuki ini menjadi yang termaju.
Motor Balap
 – Meskipun tahun ini  Suzuki absen dalam ajang balap motogp, namun 
keberadaan pabrikan yang satu ini bukan berarti tidak memiliki motor 
balap Suzuki legenda. Motor balap Suzuki RK67 salah satunya, motor balap
 yang dibangun pada tahun 1967 ini memang didesain untuk ajang balapan. 
Di eranya motor balap Suzuki ini menjadi yang termaju.
Berikut beberapa spek dari motor balap Suzuki RK67  yang kami kutip dari otomotifnet.com
Motor
 balap suzuki RK67 ini dibungkus oleh fairing fiberglass berbentuk 
cangkang telur pada bagian depan. Untuk badan belakangnya, motor balap 
suzuki ini mengadopsi model buntut tawon yang memang banyak dipakai oleh
 motor balap di waktu itu.
Ciri
 khas motor balap Suzuki adalah ada di mesin 2-tak berkapasitas 50 cc 
nya. Mesih yang telah mengaplikasi pendingin air ini berkonfigurasi twin
 parallel.
Yang
 menjadi catatan adalah output power dari motor balap Suzuki adalah 
mencapai 17,5 dk pada 17.300 rpm. Ya, kira-kira setara dengan Suzuki 
Shogun 125cc yang berlaga di Indoprix. Namun yang bikin geleng kepala 
adalah pemakaian gearbox 14-kecepatan.
Selain
 itu, motor ini juga sudah menerapkan sasis aluminium turbular, dan 
membuat berat total dari RK67 hanya 58 kg saja. Tentu saja motor ini 
jauh lebih ringan jika dibanding dengan motor bebek di Indonesia yang 
bobotnya mencapai 90 kg. Dengan bobot yang ringan dipadu mesin 
bertenaga, RK67 mampu melaju hingga 176 km/jam!
 So
 menjadi hal wajar, motor balap Suzuki RK67 yang saat itu dibesut oleh 
pembalap asal Jerman, Hans Georg Anscheidt memperoleh gelar juara dunia 
GP 50cc pada tahun 1967. Serta membawa nama motor balap Suzuki menjadi 
juara konstruktor ditahun yang sama.
So
 menjadi hal wajar, motor balap Suzuki RK67 yang saat itu dibesut oleh 
pembalap asal Jerman, Hans Georg Anscheidt memperoleh gelar juara dunia 
GP 50cc pada tahun 1967. Serta membawa nama motor balap Suzuki menjadi 
juara konstruktor ditahun yang sama.
Namun
 pengembangannya terhenti di akhir tahun 1967, dimana FIM membatasi spek
 mesin  pada saat itu untuk 50 cc hanya dengan enam kecepatan transmisi.
InfoTerkait:


 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar