Asuransi Kendaraan Bermotor - Banyak orang yg beranggapan bahwa mengajukan klaim asuransi kendaraan bermotor ke perusahaan asuransi itu sulit dan berbelit – belit.
Padahal jika mengikuti prosedur dgn benar, mengajukan klaim kendaraan bermotor ke perusahaan asuransi tidaklah sesulit yg dibaygkan bahkan boleh dibilang mudah.
Dibawah ini ada beberapa tips yg dapat digunakan dalam mengajukan klaim asuransi kendaraan bermotor ke perusahaan asuransi kendaraan bermotor :
Waktu Pelaporan Klaim
Masing – masing perusahaan asuransi kendaraan bermotor mempunyai batasan waktu bagi nasabahnya untuk melaporkan klaim yg terjadi pada kendaraan mereka, baik secara lisan maupun tertulis. Biasanya waktu yg diberikan bervariasi antara 3 sampai dgn 7 hari sejak tanggal terjadinya kecelakaan / kehilangan.
Melewati masa tersebut maka perusahaan asuransi kendaraan bermotor berhak menolak klaim, baik itu klaim kecelakaan maupun kehilangan.
Lampirkan Data- Data / Dokumen Pendukung Klaim Yg Lengkap
Setiap laporan klaim kendaraan bermotor yg diajukan ke perusahaan asuransi harus didukung oleh data / dokumen tertentu, jadi pastikan kita menyerahkan seluruh dokumen yg diminta oleh perusahaan asuransi.
Biasanya data / dokumen yg harus dipersiapkan adalah :
- Formulir klaim yg telah diisi lengkap dan jelas.
- Foto copy STNK.
- Foto copy Sim Pengemudi.
- Foto copy polis asuransi.
- Surat laporan ke kantor polisi (jika mengajukan klaim kehilangan perlengkapan kendaraan atau terlibat dalam kecelakaan yg parah).
Jika klaim menygkut pihak ke tiga maka dokumen yg harus disediakan :
- Seluruh dokumen tersebut di atas.
- Foto copy STNK pihak ke tiga.
- Foto coppy SIM pihak ketiga
- Surat tuntutan, pernyataan tidak diasuransikan dan pernyataan tidak akan
- mengajukan tuntutan lain jika tuntutannya telah dipenuhi. Surat tersebut harus bermeterai cukup.
Jika klaim kehilangan total / Total Lost
- Seluruh dokumen klaim di atas.
- Surat laporan kepolisian setempat.
- Surat laporan KADIT SERSE POLDA.
- Surat blokir
- STNK asli.
- Kunci kendaraan.
- BPKB asli & Faktur asli.
- Blangko kwitansi.
Jangan Melakukan Rekayasa Klaim
Petugas klaim asuransi kendaraan bermotor akan melakukan survey pada kendaraan anda dan jika dirasa perlu akan melakukan survey ke lokasi kecelakaan / kehilangan. Lebih baik melaporkan kejadian yg jujur dan benar, karena jika ternyata laporan anda tidak benar maka asuransi berhak menolak klaim kendaran anda.
Segera Minta Kendaraan Anda Di Survey Oleh Petugas Bagian Klaim Asuransi
Mintalah kepada petugas klaim asuransi untuk menerbitkan surat pengantar ke bengkel body repair.
Anda berhak menetukan bengkel body repair yg anda kehendaki asalkan bengkel body repair pilihan anda manjadi bengkel rekanan asuransi anda.
Jangan memilih bengkel body repair di luar bengkel body repair rekanan asuransi anda, karena akan membuat proses klaim menjadi lama dan berbelit belit.
Jika anda merasa kesulitan segera konsultasikan ke bengkel body repair pilihan anda.
Sumber: bengkelmobiljakarta.co.cc
Temukan Info lain Seputar Asuransi Kendaraan Bermotor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar